Tips Membeli Power Supply

Power supply merupakan komponen komputer yang berperan sebagai pusatnya sumber daya listrik. Jadi semua listrik yang ada dalam sebuah komputer akan menggunakan daya listrik yang berasal dari perangkat ini. Oleh karena itu sudah semestinya kita mengetahui tips-tips membeli power supply sehingga mendapatkan power supply yang bagus dan berkualitas.

Jika anda hendak membeli power supply, perhatikan hal berikut ini:

Kapasitas Yang Besar
Minimnya pasokan listrik dari power supply dapat menjadikan sebuah komputer tidak dapat berjalan dengan normal. Komputer sering restart, sering nge-hang, bahkan mengalami kerusakan, ini semua bisa diakibatkan karena power supply yang dipakai kurang memiliki daya listrik. Pilihlah power supply dengan daya listrik minimal sebesar 450 Watt agar dapat memberikan pasokan listrik ke semua komponen komputer secara stabil dan sempurna.

Merek Yang Bagus dan Berkualitas
Ada beberapa macam merek power supply yang beredar di pasaran sehingga kita harus pintar dan jeli dalam memilih merek yang berkualitas. Perlu anda ketahui, jika anda membeli power supply 'murahan' maka daya listrik yang dikeluarkan tidak akan sama dengan spesifikasi yang sebenarnya. Misalnya anda membeli power supply dengan daya listrik sebesar 450 watt, maka ketika sedang dioperasikan, daya listrik yang dipakai adalah ± 350 - 400 watt. Berbeda jika anda menggunakan pewer supply yang berkualitas, daya listrik yang dikeluarkan (dipakai) akan sama dengan spesifikasi sebenarnya. Salah satu contoh merek yang sudah teruji kualitasnya adalah Simbadda dan Enlight

Memang jika kita membandingkan harga power supply yang bagus dan yang jelek maka akan cukup jauh perbedaannya, namun kita harus lebih mempertimbangkan terhadap keamanan dan harga komponen komputer itu sendiri yang tentunya memiliki prioritas dan harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan harga sebuah power supply itu sendiri.

Semoga bermanfa'at

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys