Apa Itu Registry Editor?

Bagi anda yang tidak begitu suka mempelajari komputer secara lebih mendalam (ngoprek), mungkin akan asing dan bertanya-tanya tentang istilah Registry Editor. Dalam beberapa tips dan trik yang ada pada uraian artikel website ini, anda mungkin sering menjumpai istilah ini sehingga perlu bagi anda untuk mengetahui arti dari Registry Editor itu sendiri.

Registry Editor adalah sekumpulan program basis data (database) yang berisikan semua informasi dan pengaturan komputer, baik hardware maupun software. Anda bisa melihat pusatnya pengaturan Windows dari sini. Perlu diketahui, banyak pembuat program jahat (virus, trojan hourse, worm, spyware, backdoor dan sebagainya) memanfa'atkan celah yang ada pada registry ini untuk merusak sistem Windows.

Registry Editor sering disingkat dengan istilah Registry atau Regedit. Sangat dianjurkan kepada anda untuk membackup registry editor / membuat cadangan registry editor sehingga jika suatu saat anda mengalami masalah pada sistem maka bisa dikembalikan ke pengaturan semula saat anda membuat backup tadi. Jika anda baru selesai menginstal ulang Windows, itu merupakan waktu yang tepat untuk membuat Backup Registry.

Anda yang belum begitu mahir dan menguasai terhadap berbagai pengaturan registry, jangan sekali-sekali merubah semua pengaturan dengan 'sesuka anda' tanpa disertai penjelasan yang pasti, karena jika anda salah mensetting registry maka akan menyebabkan pengaruh yang fatal pada sistem Windows, seperti Windows tidak mau booting, ada fasilitas yang hilang dan sebagainya.

Semoga bermanfa'at

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys