Arah Kiblat Bergeser dan Triknya


ARAH KIBLAT BERGESER, tidak usah bingung karena dengan trik yang ada pada artikel postingan ini bro bisa mengetahui arah kiblat dengan lebih pasti. Berikut beberapa alat dan bantuan alam untuk mengetahui arah kiblat dengan akurat. Penasaran? . . .

Karena beberapa faktor kejadian alam seperti gempa yang menyebabkan pergeseran kulit bumi, maka arah Indonesia yang menghadap Makkah pun berubah sehingga menyebabkan Masjid yang dibangun terdahulu tidak tepat lagi arah kiblatnya. Oleh karena itu, berikut beberapa solusi yang saya kira dapat membantu bro sekalian.

Cara 1. Bayangan Sinar Matahari

Dengan bayangan sinar matahari, bro juga dapat menentukan arah kiblat yang bergeser. Dalam satu tahun masehi, matahari singgah dua kali tepat di atas Ka’bah. Hal ini merupakan pengetahuan yang sudah tua umurnya namun sepertinya tidak banyak yang mengetahui. Dalam bahasa arab disebut sebagai peristiwa Istiwa A’zham (Persinggahan Utama). Peristiwa ini terjadi pada tanggal 28 Mei (atau 27 di tahun kabisat) pukul 12:18 waktu Mekah dan 16 Juli (atau 15 di tahun kabisat) pukul 12:27. Artinya, semua orang yang bisa melihat matahari pada saat itu dan menghadapkan wajahnya ke sana telah menghadapkan wajahnya ke kiblat. Atau jika kita melihat bayangan benda yang tegak lurus di atas tanah, maka bayangan tersebut akan membentuk garis arah kiblat. Bagi yang di Indonesia, waktu kejadian tersebut adalah 28 Mei jam 16:18 WIB dan 16 Juli jam 16:27 WIB. Jadi, bagi yang ingin mengecek atau melihat benar tidaknya arah kiblat yang digunakan selama ini silakan keluar pada waktu tersebut dan lihat matahari (atau bayangannya).

Cara 2. Menggunakan geo map dari Google

Silakan menggunakan geo map dari Google, teknologi peta yang berbasiskan ip dari tiap negara sehingga tingkat keakuratannya lebih tinggi. arah kiblat dengan Qibla Pointer (Click linknya).

Semoga Bermanfaat...

0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys