IP Camera, Mengawasi Rumah melalui Ponsel

Teror bom yang baru saja melanda Jakarta, sekali lagi mengingatkan kita akan pentingnya kamera pemantau dalam mengamankan seuatu tempat. Sedemikian pentingnya kamera pengintai, minimal ketika tindakan preventif tidak dapat dicegah, setidaknya masih dapat ditelusuri siapa yang melakukan aksi teroris, pembunuhan atau pencurian.

Dan saat ini teknologi kamera pengintai telah mengalami penyempurnaan dari yang semula berbentuk CCTV dan Webcam, kini hadir IP camera atau internet kamera. Dari segi investasi untuk mengamankan bangunan vital, perkantoran atau rumah, CCTV atau Closed-circuit Televison cukup murah dan sederhana. CCTV hanya membutuhkan kabel dan pesawat televisi biasa untuk bisa beroperasi. Mungkin tambahan perekam video, jika pengguna ingin menyimpan situasi ruang yang ingin diawasi. Teknologi webcam tidak jauh berbeda dengan CCTV.


Lantas bagaimana dengan IP camera ? Sesuai fungsinya, ia memang seharusnya digunakan untuk melakukan pemantauan terhadap area atau ruang tertentu. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus selalu berada di tempat yang sama ketika sedang memantau. Beberapa IP camera sudah dibekali fitur khusus yang memungkinkan penggunanya melihat tampilan video tidak lagi di PC melainkan di perangkat mobile seperti ponsel, smartphone, atau PDA. Harganya memang lebih mahal dari CCTV atau webcam, tetapi teknologinya mampu digunakan sampai 10 tahun mendatang.

Semoga Bermanfaat.


0 comments:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys